PGMI Bekali Peserta PPK Tentang Classroom Management

PGMI Bekali Peserta PPK Tentang Classroom Management

GM - Selasa, 13 September 2022 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor menyelenggarakan Pembukaan dan Pembekalan Praktik Profesi Keguruan (PPK) Terintegrasi secara virtual melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir. Dengan adanya Pembekalan PPK Terintegrasi tersebut mahasiswa tingkat akhir mendapatkan bekal pengetahuan dan teknis saat melaksanakan PPK nanti.

Bapak H. M. Kholil Nawawi, M. Ag sebagai Dekan Fakultas Agama Islam sekaligus menjadi keynote speaker pada Pembekalan PPK tersebut menyampaikan tema “Urgensi Adab dan Profesi Guru MI dalam Implementasi Program PPK”. Beliau menegaskan bahwa  kegiatan Pembekalan PPK ini  menjadi salah satu ikhtiar dalam menjadikan PGMI yang unggul. “Kunci sukses ada 4 hal yaitu yang pertama adalah kerja keras atau sungguh sungguh, yang kedua ada kerja cerdas dalam keilmuan ketiga ada kerja ikhlas dan yang terakhir ada kerja sama. Program PPK  ini adalah bentuk kerjasama yang harus terlaksana dengan baik," tegasnya.

Selain beliau, Bapak Etra Nafel, Lc., S.Pd.I sebagai narasumber dari SD Pioneer Meruyung Depok  yang merupakan salah satu school partners dalam kegiatan PPK tahun ini menjelaskan mengenai ”Implementasi Classroom Management; Best Practice di Sekolah Alam Pioneer” Beliau menjelaskan bahwa sekolah pioneer mempunyai manajemen kelas Qur’an yang diawali dengan perencanaan kelas Qur’an, adanya buku pembelajaran khusus kelas Qur’an, adanya program pendukung, tahapan KBM, dan metode-metode tahfidz yang beragam. “Untuk membuat pembelajaran kelas yang menarik, diperlukan perencanaan dan manajemen yang baik,” ungkapnya

Lebih lanjut, Bapak Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I selaku ketua Program Studi PGMI menjelaskan mengenai Teknis dan Implementasi Program PPK dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Merdeka Belajar tersebut menjadi ikhtiar Program Studi dalam merencanakan suatu program yang terbaik bagi mahasiswa. “Program PPK ini diharapkan dapat menambah wawasan dan menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa karena kalian dihadapkan dengan real teaching di sekolah-sekolah terbaik mitra PGMI ini,”harapnya

Mahasiswa peserta yang akan melaksanakan kegiatan PPK 2022  terlihat sangat antusias mengikuti agenda tersebut dari awal hingga akhir, dan terlihat aktif dalam sesi tanya jawab mengenai manajemen kelas dan sistem pelaksanaan PPK 2022 kepada narasumber pembekalan PPK Tersebut. (Rif/Ral)

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Tahun Akademik 2022-2023

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.