PGMI Eratkan Silaturahmi Melalui MASIL 2022

GM – Jumat-Sabtu, 11-12 Maret 2022 M, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor menyelenggarakan acara Masil (Malam Silaturahmi) di Vila Situ Daun Tenjolaya Kabupaten Bogor. Acara yang bertema "Bersama Satukan Tujuan untuk Membangun PGMI yang Bersinergi Memalui Malam Silaturahmi” tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. Dalam sambutannya, Bapak H. M. Kholil Nawawi, Drs., M. Ag sebagai Dekan Fakultas Agama Islam memberikan kiat-kiat sukses kepada seluruh mahasiswa yaitu melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. “Jika anda ingin sukses, maka anda harus bekerja keras, dan bekerja dengan cerdas, juga harus dibarengi dengan keikhlasan,” tuturnya. Senanda dengan beliau Bapak Yono, S.H.I., M.H.I sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan menegaskan pentingnya silaturahmi karena akan memperkuat ukhuwah diantara sesama mahasiswa. “Silaturahmi akan memperkuat ukhuwah, terlebih dalam Islam akan dapat meluaskan rizki dan memiliki kualitas hidup yang baik”, ungkapnya.

Pada kegiatan Masil tersebut, Bapak Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I selaku Ketua Program Studi PGMI menjadi pemateri pertama yang menjelaskan tentang Leadership; Nilai-Nilai Kepemimpinan dari Semut”. Beliau menegaskan bahwa terdapat banyak nilai-nilai kepemimpinan yang dapat diambil dan dipelajari dari semut. “Semut adalah makhluk Allah yang bisa kita ambil pelajaran dari penciptaannya, termasuk dari sisi kepemimpinan,” ungkapnya. Selain beliau, Ibu Salati Asmahasanah, S.Pd., M.Pd. yang menjadi pemateri kedua pada sesi tersebut menjelaskan tentang bagaimana Menjadi Guru Madrasah yang Kreatif, Inovatif dan Berbudaya. Menurut beliau menjadi seorang guru sangatlah penting. “Guru sebagai inspirator, penggerak dan pelatih dalam penguasaan kecakapan hidup bagi anak didiknya,” tegasnya. Pemateri ketiga disampaikan oleh Bapak Amran, M.Pd. yang menjelaskan tentang Pentingnya Literasi Digital dalam Bidang Pendidikan. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa seorang guru harus memiliki literasi digital yang baik. “Mempunyai keterampilan literasi digital dalam bidang pendidikan sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menciptakan pembelajaran yang ideal,” tuturnya

Selain itu, agenda Masil tersebut dikemas menarik dan atraktif dengan menampilkan pentas seni, games, outbound serta sharing dan kegiatan-kegiatan lain yang berkesan bagi semua mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. (Rif/Ral)

Students Enrollment

Academic Year 2024-2025

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.