PGMI UIKA Sharing Program MBKM dengan PGMI Se-Indonesia
PGMI UIKA Sharing Program MBKM dengan PGMI Se-Indonesia
GM – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIKA Bogor ikut berpartisipasi dalam Pertemuan PD-PGMI Indonesia dan Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta di Hotel New Saphir dari tanggal 9 sd 11 September 2022. Kegiatan tahunan yang bertema “Menguatkan Keunggulan dan Daya Saing Pendidikan Guru MI/SD Indonesia pada Kancah Internasional” ini mendiskusikan beberapa sub-tema penting yaitu; Best Practice MBKM di UIN Sunan Kalijaga, Internasionalisasi dan Rekognisi Internasional PGMI (Akreditasi Internasional), Menuju Program Studi Unggul Terakreditasi Internasional Melalui Pengembangan Kurikulum Mengacu KKNI, SNPT, dan MBKM Berbasis OBE serta Akreditasi LAMDIK.
Dr. H. M. Fakhri Husain, S.E., M.Si sebagai narasumber terkait pentingnya internasionalisasi PGMI menyampaikan bahwa program studi PGMI harus terakreditasi unggul bahkan internasional secara institusi, dosen-dosen yang juga harus dapat direkognisi secara internasional. Sementara Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I, M.Pd.I yang memaparkan terkait pengembangan kurikulum yang harus mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) terlebih dengan adaptasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang semuanya harus berbasis kepada Outcome Based Education (OBE). “Jika pengembangan kurikulum ini dilakukan dengan perencanaan, tahapan dan evaluasi yang baik maka akan lahir kurikulum yang baik dan adaptif,” harapnya
Senada dengan dua narasumber sebelumnya, Dr. H. Fauzan, M.A sebagai ketua Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia menghimbau untuk memperkuat Sistem Penjaminan Mutu, baik itu Internal ataupun Eksternal agar prodi PGMI bermutu dan layak diakreditasi bahkan harus unggul. “Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) harus dijalankan dengan baik oleh prodi karena akan menggambarkan mutu prodi tersebut.” tuturnya
Dalam rangkaian seminar tersebut, Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I selaku Ketua Program Studi PGMI UIKA Bogor berkesempatan melakukan sharing terkait partisipasi program studi dalam program Kampus Mengajar. Dalam presentasinya beliau memaparkan hasil penelitian terkait motivasi, aktivitas dan rekomendasi mahasiswa PGMI UIKA yang telah mengikuti program Kampus Mengajar Kemendikbud. “Secara umum, mahasiswa kami ingin mengambil peran yang aktif dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka khususnya program Kampus Mengajar ini,” ungkapnya.