Workshop Perancangan dan Penyusunan Kurikulum MBKM 2021

Dalam rangka mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menyelenggarakan kegiatan “Workshop perancangan dan penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UIKA Bogor”  Acara ini diselenggarakan selama 3 hari dari Senin-kamis, 13-16 Desember 2021 di Hotel M-One Bogor.

Pembahasan Workshop dimulai dengan sosialisasi kebijakan MBKM di tingkat Universitas dengan paparan yang disampaikan oleh  Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Hj. Maemunah Sa’diyah, M.Ag.


Wakil Rektor satu ini menjelaskan, Restrukturiasi dan modifikasi kurikulum pembelajaran, Sesuai regulasinya, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dilakukan dengan menyusun kurikulum MBKM tahun 2021 dengan meninjau kurikulum sebelumnya untuk pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai dengan aturan yang ada.

Melalui kebijakan MBKM, Universitas Ibn Khaldun memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela (dapat diambil atau tidak), untuk berkegiatan diluar kampus  satu semester, perkuliahan satu semester di luar program studi di kampus yang sama, satu semester diluar kampus dan satu semester didunia indutri atau dunia usaha atau dimasyarakat. Tuturnya. 

Selepas pemaparan, para peserta yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Ketua-ketua Program Studi Sarjana (S1) bergantin mempresentasikan hasil rancangan dan penyusunan kurikulum dihadapan para peserta dimana sebelumnya kurikulum yang dipresentasikan ini sudah dibahas dan dikaji di fakultas dan program studinya masing masing.

Presentasi dari 17 Prodi yang ada diselenggarakan selama 3 hari hingga tanggal 15 Desember 2021 untuk selanjutnya pada tanggal 16 selepas berbagai evaluasi,yang dilakukan, Kurikulum MBKM untuk 17 prodi tersebut ditetapkan sebagai kurikulum yang akan diimplementasikan ditahun akademik 2022/2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *