Vision, Goal, and Strategies


Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Struktur Program Studi

Ketua Program Studi : Muhammad Fahri, S.S., M.Pd.I.

Sekretaris Program Studi : Khaidir Fadil, S.Pd.I., M.Pd.

 

VISI KEILMUAN PROGRAM STUDI PGMI

Menyelenggarakan Program Pembelajaran Berbasis Keislaman dan Teknologi dalam Menghasilkan Guru Kelas bidang Pendidikan Dasar yang Berdaya Saing Global.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI PGMI

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi guru kelas yang Profesional dan Islami dengan penguatan 5 (lima) mata pelajaran inti (IPA, IPS, PKn, Matematika, Bahasa Indonesia);
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan dasar Islam sesuai dengan roadmap penelitian dan pengabdian program studi;
  3. Berkontribusi secara aktif dalam pengabdian masyarakat melalui pembelajaran dan pengembangan produk di bidang pendidikan dasar Islam;
  4. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai instansi dalam meningkatkan sumber daya manusia di lingkungan program studi;
  5. Menghasilkan sivitas akademika di lingkungan program studi yang berakhlak karimah, memiliki kemampuan literasi teknologi yang baik dan berdaya saing global.

 

STRATEGI PROGRAM STUDI PGMI

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan dasar Islam dengan adaptasi teknologi;
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan publikasi dosen dan atau berkolaborasi dengan mahasiswa;
  3. Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat melalui program pembelajaran, program KKN, Program PPK dan MBKM;
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dan instansi dalam upaya peningkatan kualitas mahasiswa dan dosen, adaptasi teknologi serta daya saing global;
  5. Mendukung dosen dan mahasiswa dalam implementasi MBKM baik secara internal maupun eksternal;
  6. Mengadakan kegiatan-kegiatan strategis dalam meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen yang berdaya saing global di lingkungan program studi;
  7. Menyediakan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran yang baik dan memadai.

 

Akreditasi Terakreditasi B oleh BAN-PT (Nomor: 11952/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/X/2021)

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai pendidik atau guru kelas MI/SD, peneliti dan pengembang bahan ajar MI/SD. Profil tambahan lulusan adalah sebagai konsultan pendidikan dasar, pembina keagamaan anak usia pendidikan dasar. Lulusan yang memiliki kompetensi kemampuan manajerial, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian serta berdaya saing global

Students Enrollment

Academic Year 2024-2025

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.